Wednesday, January 15, 2014

Pabrik Sepatu Cibaduyut

Pabrik Sepatu Cibaduyut pertama kali di resmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Indonesia kedua yaitu Bapak Soeharto sebagai salah satu Daerah Wisata di Bandung, Pabrik - Pabrik Sepatu di Cibaduyut Bandung mulai berdiri dan berkembang pada tahun 1920-1940, sebelumnya pada tahun 1918 warga Cibaduyut Bandung belajar membuat sepatu dari Bang Gelang dan Bang Naen, mereka berdua berasal dari Jakarta, hingga Warga Cibaduyut Bandung pun ahli dalam membuat sepatu dan mendirikan Industri Rumahan.

Pada saat itu, meskipun Warga Cibaduyut masih disebut Pengrajin tapi produk buatannya mampu menembus Pasar Luar Daerah, Asia bahkan sampai ke Luar Negeri, hingga Daerah Cibaduyut ini terkenal dengan Toko - Tokonya yang berderet terpanjang se-Asia.


Berikut adalah beberapa foto Pabrik Rumahan Sepatu Cibaduyut:


Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut
Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut 1

Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut
Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut 2
 
Pabrik Sepatu Cibaduyut berskala besar:



Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut
Gambar Pabrik Sepatu Cibaduyut 3

Meski sempat mengalami kesulitan karena berkembangnya Factory Outlet di Kota Bandung yang menjual Sepatu, Pabrik - Pabrik Sepatu di Cibaduyut Bandung kembali mengalami peningkatan jumlah pembeli terutama saat Weekend tiba.

Berdasarkan informasi yang saya terima sendiri, karena kebetulan rumah saya tidak jauh dari Cibaduyut dan saya juga adalah orang Bandung asli, juga saya menyelidiki sendiri, bahwa di Toko dan Pabrik Sepatu di Cibaduyut Bandung ini terbagi menjadi dua lapis, lapis pertama depan jalan adalah Toko - Toko yang menjual produk buatan Cibaduyut ini dan lapis kedua adalah Pabrik - Pabriknya atau biasa disini disebut Bengkelnya. Saya mengalami sendiri bahwa di lapisan pertama atau Toko - Tokonya orang yang menjual Sepatu Cibaduyut kebanyakan bukan Warga Asli Cibaduyut, melainkan pemilik Tokonya itu adalah orang padang, namun tetap di bagian lapisan kedua atau dibagian bengkel semuanya asli Warga Cibaduyut Bandung, karena mungkin ini memang sudah diharuskan, agar berkesan bahwa Sepatu Cibaduyut memang buatan Asli Warga Cibaduyut Bandung, sesuai dengan namanya. (Yoga Imawan)

4 comments :

Unknown said...

semoga sukses gan , ane cuma mau liat2 sekalian ninggalin jejak kalo ane minat juga pasti ane mampir lagi

Unknown said...

Gan .. Kalo ane mao ke bandung buat belajar bikin sepatu dimana ya .. ? Boleh minta referensinya gak gan ... Atau ane mampir ke tempat agan .. Mohon info . 081312223207

Unknown said...

Gan .. Kalo ane mao ke bandung buat belajar bikin sepatu dimana ya .. ? Boleh minta referensinya gak gan ... Atau ane mampir ke tempat agan .. Mohon info . 081312223207

Unknown said...

keren keren sepatunya, bangga saya buatan indonesia tidak kalah dengan produk asing.Rental Mobil Jogja